Tips Melindungi Kulit Wajah Saat Mendaki




Sudah tidak heran lagi, saat ini banyak ditemui para pendaki wanita bermunculan. Tak heran, kadang mereka malah bisa lebih hits daripada pendaki pria, yang notabene jenis olah raga outdoor ini lebih banyak digeluti para pria.

Pendaki wanita ini jelas sekali sudah tahu apa saja risikonya berjalan seharian di gunung. Terlebih bagi kulit wajah mereka. Sepertinya perawatan mahal kulit wajah akan sia-sia saja ketika kulit wajah harus diberi paparan matahari langsung. Berjalan di bawah terik matahari ataupun hujan badai, belum lagi dengan terpaan angin dingin yang membuat muka kering dan lebih cepat terbakar. Udara tipis dan sengatan matahari yang lebih dekat membuat kulit wajah mudah terkelupas dan terlihat hitam gosong. Jadi masih mau mendaki tanpa membawa peralaratan kecantikan?

Manajemen perlengkapan alat mendaki juga sudah ada takarannya, tidak mungkin semua perawatan wajah dapat dibawa. Hal ini pasti akan bisa mengabiskan jatah tempat untuk barang bawaan lain. Kita harus benar-benar memilih barang apa saja harus dibawa dan tidak perlu dibawa. Jangan takut terlihat kusam digunung, jika iya, lebih baik berdiam diri saja dirumah. Jadi produk kecantikan simpel apa saja yang harus dibawa ketika  mendaki?

1.      1. Sunblock dengan spf tinggi

Barang ini adalah barang wajib yang harus dibawa ketika mendaki. Sunblock berfungsi sebagai tameng kulit wajah agar sinar UVA dan UVB tidak langsung mengenai kulit. Biarpun kulit wanita indonesia sudah aman dengan spf 15 - 20an, tetapi tidak ada salahnya memilih sunblock dengan dengan spf antara 30 – 50 untuk kegiatan outdoor.  Tubuh kita akan seharian berjalan terpapar matahari. Cukup sunblock saja, tidak perlu bedak ataupun foundation. Keringat yang kita hasilkan saat berjalan akan membasahi wajah, dan bedak kalian akan benar-benar sia-sia.

Kemudian ulangi pemakaian sunblock 3-4 jam sekali. Perhatikan juga kebersihan tangan ketika akan memakaikan sunblock ke wajah.

2.      2. Memakai pelembab bibir

Memakai pelembab bibir bertujuan membuat kelembaban pada bibir untuk menghindari bibir kering, pecah-pecah dan gosong. Bisa memakai pelembab saja atupun diaplikasikan sebelum memakai lipstik.

3.      3. Pembersih muka dan kapas

Ketika di gunung ada beberapa jalur yang menyediakan sumber air melimpah dan ada yang tidak terdapat sumber air sama sekali. Untuk menghemat air, lebih baik pembersihan muka dilakukan dengan menggunakan kapas. Wajah lelah seharian yang terkena matahari dan debu perjalanan harus segera di bersihkan sebelum tidur. Tumpukan kotoran wajah yang dibiarkan akan menimbulkan jerawat jadi bagian ini juga jangan sampai terlewatkan.

4.     4.  Gel aloe vera atau lidah buaya

Setelah wajah bersih, gunakan gel aloe vera sebagai penghilang stres wajah yang sudah lelah seharian. Efek dingin dari lidah buaya akan memberikan kesejukan dan membantu menghidrasi kulit wajah.

5.      5. Buat semua peralatan dalam travel package

Belilah semua peralatan kecantikan diatas dalam travel kit-nya. Cari ukuran-ukuran yang paling kecil dan mudah dibawa. Jika masih dalam volume yang besar, bisa dipindahkan pada  pot-pot kecil agar bawaan tidak terlalu banyak.

6.      6. Memakai topi, masker dan kacamata

Usaha terakhir untuk mengurangi paparan matahari adalah dengan memakai topi dan masker. Selain itu, bisa ditambah dengan kacamata anti UV agar mata aman dari debu dan matahari yang menyilaukan.

Sekian info dan tipsnya untuk para pendaki wanita yang selalu ingin terlihat cantik. Meskipun kecantikan fisik sebagus apapun pasti akan selalu kalah dengan kecantikan hati. Tapi tidak ada salahnya, kenikmatan berupa  wajah yang sempurna dari Maha Sempurna harus kita jaga dengan sebaik-baiknya.

Tips dan trik ini hanya berdasarkan pengalaman pribadi, jadi akan selalu terbuka sekali untuk saran dan kritik kalian. Terima kasih, salam lestari! 

0 Response to "Tips Melindungi Kulit Wajah Saat Mendaki"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel